Diferensiasi Pembelajaran Melalui Strategi STTEP
Space, time, task, equipment, dan people adalah 5 komponen yang dikenal sebagai "STTEPP" dalam pendidikan jasmani. STTEP merupakan faktor yang mempengaruhi sukses atau gagalNYA suatu program pembelajaran olahraga.
Space (ruang): Merujuk pada lokasi tempat program pembelajaran olahraga dilakukan. Ruang yang sesuai harus memenuhi syarat-syarat keselamatan dan kenyamanan siswa.
Time (waktu): Merujuk pada jadwal program pembelajaran olahraga yang ditentukan. Waktu yang sesuai harus memperhitungkan kegiatan lain yang dilakukan oleh siswa.
Task (tugas): Merujuk pada aktivitas yang dilakukan selama program pembelajaran olahraga. Tugas harus dapat mengembangkan kompetensi dasar yang diharapkan.
Equipment (peralatan): Merujuk pada peralatan yang digunakan selama program pembelajaran olahraga. Peralatan harus memenuhi syarat-syarat keselamatan dan kenyamanan siswa.
People (orang): Merujuk pada siswa yang mengikuti program pembelajaran olahraga dan tenaga pendidik yang mengajar. Orang yang sesuai harus memenuhi syarat-syarat kemampuan dan kompetensi yang diperlukan.
Semua komponen ini harus dipertimbangkan dengan baik dalam merencanakan dan melaksanakan program pembelajaran olahraga agar dapat memberikan hasil yang optimal bagi siswa.
Leave a Comment