Apakah Bisa Dengan Kesadaran Penuh (Mindfulness)
Apakah kalian stres, lelah, dan
tidak dapat fokus? Okey, kalian tidak sendirian. Rata-rata siswa SMP sekarang
menghabiskan lebih dari 25 jam setahun untuk mengambil tes standard, ujian dan
ulangan, sedangkan rata-rata siswa SMA melaporkan 80 persen merasa stres dari
waktu yang mereka miliki.
Bahkan anak TK merasakan lebih
banyak tekanan akademis, menghabiskan lebih sedikit waktu untuk seni dan musik
dan lebih banyak pada matematika, membaca, dan penilaian dibandingkan dengan
akhir 1990-an. Menurut American Academy of Pediatrics, stres pada masa
kanak-kanak dapat menyebabkan perubahan permanen pada struktur dan fungsi otak,
meningkatkan kemungkinan kesulitan belajar, masalah ingatan, dan penyakit
kronis jika nanti sudah dewasa. Sementara itu, sebuah laporan tahun 2013 oleh
American Psychological Association (APA) menemukan bahwa efek negatif dari
stres bertahan hingga tahun-tahun sekolah menengah: 35 persen remaja terbangun
di malam hari karena stres, memotong waktu tidur dan meningkatkan kemungkinan
bahwa mereka Akan mengalami masalah konsentrasi atau mengalami perasaan sedih
dan depresi.
Studi menunjukkan bahwa besarnya
tingkat stress dapat memengaruhi kinerja
akademik siswa juga. Sementara tingkat stres yang rendah dapat meningkatkan
pembentukan memori, tingkat stres sedang dan tinggi dapat mengganggu kemampuan
siswa untuk mengingat, membuatnya lebih menantang untuk lulus tes, menulis
makalah, atau membuat presentasi di kelas.
Dapatkah mindfulness — suatu
bentuk meditasi non-religius yang mengajarkan siswa untuk bernafas, fokus, dan
memusatkan diri pada saat ini — membantu mengurangi dampak buruk dari stres di
kelas atau jadwal siswa yang sibuk? Bisakah itu membantu siswa belajar, yang
mengarah ke pencapaian prestasi akademik? Banyak sekolah bertaruh untuk itu,
mengintegrasikan teknik mindfulness relatif sederhana ke hari sekolah.
Di Amerika Serikat khususnya di
SMA, stres menjadi masalah besar. Ketika pemerintah daerah mensurvei siswa
beberapa tahun yang lalu pada tingkat stres mereka, responsnya mengejutkan
“Lebih dari 80 persen anak-anak
di sekolah kami merasa stres, sebagian besar atau semuanya buruk. Adalah normal
untuk merasa stres — tetapi tidak normal bagi anak berusia 11, 12, dan 13 tahun
untuk merasakan tingkat stres yang terlalu tinggi. Jadi begitulah munculnya maindfulness, ”kata McLelland-Crawley.
Untuk mengatasi masalah ini,
murid-muridnya menciptakan kelompok mindfulness mereka sendiri, NüYü adalah
sebutan kelompok belajar siswa itu, untuk belajar lebih banyak tentang stres dan
untuk berbagi strategi coping yang sehat dengan sekolah mereka. Coping adalah menginvestasikan/
mengumpulkan upaya sadar seseorang, untuk memecahkan masalah pribadi dan antarpribadi,
untuk mencoba menguasai, meminimalkan atau mentolerir stres dan konflik. Setiap minggu, mereka mendorong siswa lain untuk
berpartisipasi dalam Panther
"Pause" Challenge, serangkaian pelajaran dan kegiatan yang
mengurangi stres. Siswa NüYü baru-baru ini mengadakan pameran kesehatan untuk
lebih dari 200 orang tua, siswa, dan anggota masyarakat, di mana mereka
memperkenalkan stasiun yoga, bola stres, dan botol glitter kepada para peserta.
Mereka juga mengadakan lokakarya tentang tata cara makan dengan metode mindfulness (perhatian
penuh) dan menjelaskan ilmu di balik mindfulness.
Penelitian menunjukkan bahwa siswa
McLelland-Crawley berada di jalan yang benar — mindfulness dapat menjadi strategi yang efektif untuk membantu
siswa mengatasi stres. Pada tahun 2014, sebuah studi di Belanda
menemukan bahwa siswa sekolah dasar yang berpartisipasi dalam sesi mindfulness
30 menit dua kali seminggu selama enam minggu menunjukkan tingkat stres
yang lebih rendah, tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi, dan perilaku yang
lebih baik daripada rekan-rekan mereka.
Mindfulness dapat sangat membantu bagi anak-anak yang mengalami stres akibat dari kekerasan masyarakat, kemiskinan, penggunaan narkoba, dan trauma. Dalam sebuah studi 2015, siswa dari dua sekolah menengah perkotaan yang berpenghasilan rendah berpartisipasi dalam program pengurangan stres berbasis mindfulness dan mengalami berbagai manfaat mental dan perilaku, dari tingkat stres dan depresi yang lebih rendah hingga suasana hati yang lebih positif dan kemampuan yang lebih baik untuk menghadapi situasi yang menantang.
Mindfulness dapat sangat membantu bagi anak-anak yang mengalami stres akibat dari kekerasan masyarakat, kemiskinan, penggunaan narkoba, dan trauma. Dalam sebuah studi 2015, siswa dari dua sekolah menengah perkotaan yang berpenghasilan rendah berpartisipasi dalam program pengurangan stres berbasis mindfulness dan mengalami berbagai manfaat mental dan perilaku, dari tingkat stres dan depresi yang lebih rendah hingga suasana hati yang lebih positif dan kemampuan yang lebih baik untuk menghadapi situasi yang menantang.
Mindfulness Meningkatkan Kinerja Akademik
Selain meningkatkan kesejahteraan
emosional dan psikologis siswa, mindfulness
dapat menghasilkan manfaat akademik dengan meningkatkan kemampuan siswa
untuk mengatur dan fokus diri.
Annie O'Shaughnessy, seorang guru bahasa Inggris sekolah menengah atas di Vermont, menghabiskan 10 menit di awal kelas setiap hari Senin untuk melatih mindfulness kepada murid-muridnya. Menggunakan kombinasi video mindfulness dan teknik pernapasan, ia membantu siswa menangani stres dan kecemasan yang biasanya mereka alami selama sekolah.
“Saya mengajar kesadaran setiap tahun di kelas bahasa Inggris. Setelah mengajarkannya, saya bisa pergi ke seorang anak yang akan memberikan presentasi, dan saya bisa melihat bahwa dia dalam mode pembajakan amygdala. Dia lupa apa yang akan dia katakan, dan dia ingin pergi. Jadi saya katakan padanya, "Jadi sekarang saatnya untuk melakukan pernapasan." Jadi dia melakukan latihan pernapasan persegi, di mana dia bernafas, tahan selama empat [detik], bernafas, tahan selama empat. Dan dia kemudian bisa memberikan presentasinya, "katanya
Annie O'Shaughnessy, seorang guru bahasa Inggris sekolah menengah atas di Vermont, menghabiskan 10 menit di awal kelas setiap hari Senin untuk melatih mindfulness kepada murid-muridnya. Menggunakan kombinasi video mindfulness dan teknik pernapasan, ia membantu siswa menangani stres dan kecemasan yang biasanya mereka alami selama sekolah.
“Saya mengajar kesadaran setiap tahun di kelas bahasa Inggris. Setelah mengajarkannya, saya bisa pergi ke seorang anak yang akan memberikan presentasi, dan saya bisa melihat bahwa dia dalam mode pembajakan amygdala. Dia lupa apa yang akan dia katakan, dan dia ingin pergi. Jadi saya katakan padanya, "Jadi sekarang saatnya untuk melakukan pernapasan." Jadi dia melakukan latihan pernapasan persegi, di mana dia bernafas, tahan selama empat [detik], bernafas, tahan selama empat. Dan dia kemudian bisa memberikan presentasinya, "katanya
Tidak mungkin seperti
kedengarannya, mengambil beberapa detik untuk bernapas dan fokus dapat
diterjemahkan menjadi manfaat akademis. Pada tahun 2015, peneliti di University of British Columbia
menemukan bahwa siswa kelas empat dan lima yang berpartisipasi dalam program mindfulness 12 minggu memiliki tingkat mindfulness yang lebih tinggi, retensi
yang lebih baik, dan nilai matematika 15 persen lebih tinggi daripada
rekan-rekan mereka. Ini di atas manfaat psikologis seperti tingkat depresi yang
lebih rendah dan perasaan optimisme yang meningkat.
Sebuah studi tahun 2016 lebih
lanjut mengeksplorasi hubungan antara mindfulness
dan manfaat kognitif, melihat siswa sekolah menengah dalam program mindfulness selama empat minggu.
Dibandingkan dengan rekan-rekan mereka, para siswa ini menunjukkan peningkatan
yang signifikan dalam kapasitas memori kerja. “Hasil ini konsisten dengan
gagasan bahwa praktik meditasi — yang membutuhkan mindfulness berkelanjutan sementara secara bersamaan mengalihkan mindfulness kembali ke pengalaman saat
ini — terkait erat dengan fungsi memori kerja,” tulis para peneliti dalam studi
mereka.
Manfaat akademis telah ditemukan
untuk anak-anak sejak usia prasekolah. Sebuah studi tahun 2015 dari University
of Wisconsin-Madison meneliti program Kurikulum kindness 12 minggu yang mencakup latihan mindfulness di samping praktik kebaikan seperti empati, terima
kasih, dan berbagi. Dibandingkan dengan teman sebaya mereka, anak-anak
prasekolah yang berpartisipasi dalam program ini mendapatkan nilai rapor yang
lebih tinggi, selain menunjukkan lebih banyak empati, kebaikan, dan kemauan
untuk berbagi.
“Mindfulness adalah alat yang hebat untuk belajar,” jelas
O'haughnessy. “Jika saya ingin siswa saya belajar, saya perlu korteks
prefrontal mereka, saya perlu neokorteks mereka. Saya membutuhkan bagian-bagian
dari otak mereka secara online, dan di sebagian besar tingkatan, bagian-bagian
otak mereka tidak akan online sampai mereka santai dan melakukan beberapa
kegiatan yang penuh mindfulness. "
Note :
* Korteks prefrontal (PFC) adalah korteks serebral yang menutupi bagian
depan lobus frontal. PFC mempunyai Fungsi eksekutif yang berkaitan dengan
kemampuan untuk membedakan antara pemikiran yang bertentangan, menentukan baik
dan buruk, lebih baik dan terbaik, sama dan berbeda, konsekuensi masa depan
dari kegiatan saat ini, bekerja menuju tujuan yang ditentukan, prediksi hasil,
harapan berdasarkan tindakan, dan “kontrol” sosial (kemampuan untuk menekan
desakan yang, jika tidak ditekan, dapat mengarah pada hasil yang secara sosial
tidak dapat diterima)
*Neokorteks adalah bagian otak yang dianggap bertanggung jawab atas
fungsi tingkat tinggi seperti pikiran sadar, dan mengandung 10.000 neuron.
Leave a Comment